Tentang ADPI

Visi

Menjadi asosiasi terdepan di Asia Tenggara di bidang pengabdian dan peningkatan profesionalisme dosen berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Core Value

Dedicate – Me

1.Dedication

2.Competency

3.Meaningfulness

Misi

  • Menyelenggarakan program pengabdian yang berkualitas dalam berbagai bidang ilmu, teknologi, dan seni budaya
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang unggul dalam berbagai bidang ilmu, teknologi, dan seni budaya
  • Menyelenggarakan program peningkatan aktivitas publikasi karya tulis ilmiah dosen baik nasional maupun internasional
  • Meningkatkan skil, kualitas, profesionalisme, dan kesejahteraan anggota
  • Mengembangkan kemitraan dan jaringan kerja yang luas di Asia Tenggara

ADPI adalah sebuah wadah berkumpulnya kaum intelektual dari kalangan dosen yang ingin berkontribusi untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Berikut kami tampilkan data statistik kampus yang ada di Indonesia. Jumlah ini merupakan potensi luar biasa yang bila program pengabdian kepada masyarakatnya dikelola dan disinergikan dengan baik, maka akan memberikan dampak yang jauh lebih besar.

2424Sekolah Tinggi
1107Akademi
541Universitas
242Politeknik
Berdasarkan AD/ ART ADPI

Struktur

Struktur ADPI terdiri dari : 

Dewan Pengawas, Dewan Pembina, Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah

1. Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc, Ph.D.
Dewan Pembina ADPI

Guru Besar FEB Universitas Diponegoro (Undip), Golongan IV.e. Lulusan S2 (1991) & S3 (1995):: Resource Economics, Fac of Economics & Management-Universiti Putra Malaysia.

2. Prof. Hj. Sri Sulistyawati. SH., M.Si., Ph.D
Dewan Pembina ADPI

Guru Besar Universita Muslim Nusantara Alwashliyah Medan. Saat Ini diamanahkan menjadi Wakil Rektor dan Ketua Senat di Universita Muslim Nusantara Alwashliyah Medan, serta Reviewer Kopertis/PTS.

3. Dr. Sawirman, M.Hum
Dewan Pembina ADPI

Menamatkan Pendidikan S3 di Universitas Udayana Bali. Dosen di Universitas Andalas Padang. Penerima Unand Award 11 pada tahun 2019-2011. Sawirman Pernah menjadi Dosen Tamu di 3 Universitas di Polandia pada tahun 2015. Penerima Disparsenibud 2008 dan Peneliti Terbaik Dikti (Skim-HB) 2012. Saat ini diamanahkan menjadi Mitra Bestari Jurnal Inter (Nasional).

4. Dr. Muhammad Ridwan, MM
Dewan Pembina ADPI

Menamatkan Pendidikan Doktor (S3) Ilmu Manajemen UPI “YAI” Jakarta tahun 2019, di Usia 27 Tahun. Ridwan merupakan salah satu staf pengajar (Dosen) dan Wakil Rektor IV di Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Pada Tahun 2019 terpilih sebagai Leader Project UPI Yptk yang diselenggarakan Erasmus di Finlandia Eropa. Telah memiliki Sertifikat CHRA (Consultant Human Resource Analyst) yang dikeluarkan oleh the American Academy of Project Management. Saat ini di amanahkan menjadi Sekretaris Asosiasi Penyelenggara PTS Sumatra Barat dan Anggota Tim percepatan Akses Keuangan Daerah Prov. Sumbar

6. Jauharry SE., MM
Wakil Ketua 1 ADPI

Dosen Negeri di Universitas Andalas Padang. menamatkan pendidikan S2 di Universitas Andalas Padang. Bidang keahlian Managemen Pemasaran. Aktif pada kegiatan Penelitian dan Pengabdian sejak tahun 2017. Penelitiannya pernah di presentasikan pada konferensi Nasional dan Internasional

8. Elis Trisnawati, S.Si., M.Pd
Bendaha

Menyelesaikan studi S2 di Program Studi Psikologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki pengalaman dalam bidang keilmuan sebagai asisten dosen peneliti dalam dan luar negeri yang melakukan penelitian di Indonesia serta terlibat dalam program pemberdayaan masyarakat. Serta menjadi penulis beberapa buku dan editor Proceeding Seminar. Saat ini diberikan amanah mengelola Riset dan Publikasi CTE, dan Manager of Social Development Yayasan Fatih Al khairiyyah. Selain itu juga, tercatat sebagai dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Qudwah Depok.

9. Sherly Franchisca, S.Pd., M.Pd
General Sekretaris ADPI

Lulusan S2 tahun 2015 di Universitas Negeri Padang dengan penelitian Research and Development (R & D) tentang Desain Handout pembelajaran bahasa Inggris di Hotel Grand Zuri Padang. Tertarik untuk melakukan research pembelajaran bahasa Inggris di perhotelan untuk area yang lebih besar. Saat ini juga merangkap sebagai translator dan editor Penerbit Yayasan Fatih. Sherly juga tercatat sebagai dosen di Universitas Ekasakti – AAI Padang, Sumatera Barat.

10. Dr. Nurman Achmad, M.Sc
Wakil General Sekretaris ADPI

Menamatkan S2 dari Sains Kemasyarakatan di Universiti Sains Malaysia (USM), Penang 2002 dan Program Doktor Studi Pembangunan di Universitas Sumatera Utara 2018 dengan predikat Summa Cumlaude. Merupakan Dosen dan Staft Dekan di prodi Antropologi FISIP Universitas Sumatera Utara. Kajian penelitian yang digeluti adalah Antropologi Kesehatan, yang mengkaji kesehatan dari sudut pandang social dan budaya. Selain itu beberapa penelitian yang didanai oleh organisasi internasional telah dilakukannya seperti ILO, USAID, dan GIZ. Pernah menjadi Koordinator Data Entry Se-Sumatera Utara untuk Pemilu 1994. Beberapa kali menjadi Tim Seleksi KPUD dan Bawaslu. Telah 5 tahun berturut-turut dipercaya sebagai supervisor SUMUT dalam pelaksanaan Ujian Advokat.

11. Dr. Maskuri Sutomo, SE., M.Si
Koordinator Humas ADPI

Dosen Universitas Tadulako (Untad). Lulusan Doktor Ilmu ekonomi Unpad Bandung tahun 2008. Tahun 2019 terpilih sebagai persenter di International Conference Brunei dan Jepang. Saat ini di amanahkan menjadi Dosen dan Ketua Unit Penjamin Mutu (UPM) FEB Untad, Ketua Prodi Pascasarjana STIE PB, Ketua Pusat Studi Pengkajian Pengembangan Sektor Publik dan Bisnis (PSP2SPB) dan Tim Ahli percepatan pembangunan pariwisata kabupaten Sigi.

12 Abulwafa Muhammad, S.Kom, M.Kom
Humas ADPI Wilayah Indonesia Bagian Barat

Lulusan S2Teknologi Informasi tahun 2007 di Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Saat ini sedang mengambil Program Doktor S3 Teknologi Informasi / Ilmu Komputer di Universitas Putra Indonesia Yptk Padang. Tahun 2019 Chair International Conference yang diselenggarakan UPI Yptk dan University of Malaya. Saat ini diamanahkan sebagai dosen dan Ka. LPPM Universitas Putra Indonesia Yptk Padang.

13. Dr. Ir. Martinus Bambang Susetyarto, MT.
Humas ADPI Wilayah Indonesia bagian Tengah

Peneliti dan Dosen Arsitektur Universitas Trisakti dan Universitas Tarumanagara Jakarta. Mengikuti program profesi (level 7) Workshop Urban Design tahun 1992 di Hong Kong University. Menyelesaikan Program Doktor dan Teknik Arsitektur Perkotaan (level 9) tahun 2013, dengan sandwich program di Rikj University of Groningen 2010. Lingkup penelitian adalah arsitektur vernakular, arsitektur ramah lingkungan, keberlanjutan budaya, dan pembangunan yang berorientasi transit (TOD). Saat ini juga tergabung profesional pada Ikatan Arsitek Indonesia dan tenaga ahli di beberapa perusahaan, dan kantor pemerintah.

14. Dr. Abdul Gafur Marzuki, S.Pd., M.Pd
Humas ADPI Wilayah Indonesia bagian Timur

Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palu), menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Tadulako, S3 Teknologi Pembelajaran di Universitas Negeri Malang, dan Pendidikan singkat di Universitas Leiden Belanda. Selain aktif sebagai akademisi juga aktif sebagai Penulis, Peneliti bidang Pendidikan dan Pembelajaran, ELT, EFL, Linguistik, Kebencanaan, Reviewer 15 Jurnal terakreditasi Nasional dan Internasional.

15. Jamilullah, S.Pd.I, M.Si
Koordinator ADPI Indonesia bagian Barat

Aktif sebagai peneliti dan penulis multidisiplin ilmu sejak tahun 2012 ketika mengambil kuliah S2 di Universitas Indonesia. Saat ini diberikan amanah mengelola Riset dan Publikasi IMZ. Jamil juga tercatat sebagai dosen dan ketua PPPI Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Qudwah.

16. Arif Widyatama, SE., MSA
Koordinator ADPI Indonesia bagian Tengah

menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Brawijaya di Program Studi Akuntansi. Saat ini terdaftar sebagai Mahasiswa Program Doktor (S3) di Universitas Airlangga. Merupakan staf pengajar (dosen) di STIE Panca Bhakti Palu. Sejak tahun 2017 terpilih penerima Dana Penelitian Hibah KemenristekDikti. Selain itu, tercatat juga sebagai pengurus Forum Dosen Ekonomi Islam (Fordebi) Wilayah Sulawesi Tengah serta konsultan keuangan di salah satu BUMDes di Sulawesi Tengah.

17. Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si.
Koordinator ADPI Indonesia bagian Timur

Menyelesaikan S1 Jurnalistik, pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Hasanuddin, S2 Administrasi Negara, konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah, Pascasarjana Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar. Saat ini sedang menyelesaikan Doktor Ilmu Komunikasi, pada Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar. Aktif meneliti bidang sosial dan komunikasi. Editor in chief Jurnal Pranata Edu. Pendiri Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Agraris Indonesia (YPMI). Penulis Buku: Pers dalam lintasan Peradaban 2019. Saat ini diamanahkan menjadi Dosen dan Wakil Rektor IV Universitas Indonesia Timur.

18. Robert Tua Siregar Ph.D
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Utara

Peneliti dan Dosen Perencanaan Pembangunan STIE Sultan Agung Pematangsiantar dan Univ Sumatera Utara. Mengikuti program Local Goverment Development tahun 2003 Jica di Hiroshima University Jepang,Menyelesaikan Philoshopi Of Doctor dari University Of Malaya Tahun 2010. Lingkup penelitian adalah developmant planning area, Program SCBFWM UNDP Tahun 2012-2015, Karya buku, tulisan di media, saat ini consent dalam Danau Toba dan KASN, Saat ini Evaluator Nasional Prodi Baru dan Reviewer Ristekdikti.

19. Syahminal, SE, MM
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Barat            

Menamatkan S2 Manajemen di Unand Padang th 2006. Dan saat ini sedang melanjutkan S3 Manajemen di UPI YPTK Padang. Pada tahun 2019 menjadi presenter terbaik III di Seminar Nasasional Senaris di Medan. Pernah aktif di CBR (Central for Banking Research) di Unand. Saat ini aktif sebagai staff pengajar pada jurusan Manajemen UPI YPTK Padang dan mendapatkan penelitian hibah terapan Simlitupi yang diselenggarakan oleh UPI YPTK Padang bidang Manajemen.

20. Isma Mulyani, S.Pi, M.Si
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Riau

Dosen Universitas Riau, lulusan S2 di Institut Pertanian Bogor dengan Beasiswa BBPDN di tahun 2013. Merupakan satu-satunya Dosen Muda Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Saat ini diamanahkan sebagai Reviewer di Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan (JIPK) dan Journal of Aquaculture and Fish Health Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Isma pernah mendapat 4 Pendanaan Proposal Pengabdian dan Penelitian di Tingkat Universitas. Memiliki HAKI dan Buku Teknologi Tepat Guna Selama Tahun 2019.

21. Khidayatul Munawwaroh, S.Pd., M.Pd.
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Jambi

menamatkan pendidikan S2 di Universitas Negeri Padang tahun 2013. Munawwaroh merupakan salah satu staf pengajar (dosen) di Universitas Batanghari Jambi. Saat ini diamanahkan kepala laboratorium Bahasa Inggris Universitas Batanghari. Dan Asesor BAN S/M Provinsi Jambi. Penelitiannya pernah di presentasikan pada konferensi Nasional dan Internasional.

22. Abditama Srifitriani, S. Hut., M. Sc.
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Bengkulu

Menyelesaikan S2 Ilmu Lingkungan (Pengelolaan Lingkungan) Sekolah Pascasarjana Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada tahun 2010. Saat ini diamanahkan sebagai Dosen di prodi Pendidikan Geografi dan Kepala Pusat Karir di Universitas Prof Dr Hazairin SH, meneliti di bidang konservasi lingkungan, pernah mendapatkan dana hibah Kemenristekdikti (PDP, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pusat Karir Lanjutan/Tracer Study). Saat ini menjadi editor di jurnal Georafflesia dan IJSSR

23. Resista Vikaliana, S.Si. MM
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi DKI Jakarta

Peneliti dan Dosen pada program studi Manajemen Logistik Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami. Saat ini diamanahi menjadi Kepala LPPM di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami. Resista menyelesaikan program sarjana dan magister di IPB University, saat ini sedang menempuh pendidikan doktor di UTHM/ Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Pernah mendapatkan hibah dari Kemenristekdikti (Hibah Penelitian Skema Hibah Bersaing pada 2011 dan Pengabdian Masyarakat Skema IbM tahun 2011), hibah pengabdian masyarakat Pemkab Bogor (2012&2013), hibah penelitian dari Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta (2019&2020) serta hibah penelitian dari Kuehne Foundation (2020).

24. Putri Mutira, S.E. M.Ak
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Banten

Menyelesaikan Pendidikan S1 dan S2 program studi Akuntansi di Universitas Indonesia. Merupakan staf Pengajar (dosen) di Fakultas Humaniora dan Bisnis Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Tangerang Selatan.
Aktif melakukan penelitian dibidang Akuntansi khususnya akuntansi lingkungan dan pasar modal. Pernah menjadi moderator dan reviewer pada konferensi nasional. Penerima hibah Dosen Pemula DIKTI dan hibah Penelitian Dasar. Pendiri lembaga konsultasi keuangan untuk UKM, Goodwill Institute.

25. Indriana Kristiawati
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Jawa Timur

Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Jawa Timur
Menyelesaikan kuliah s2 di Universitas 17 Agustus Surabaya. Magister Manajemen 2003. Terdaftar Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi tahap persiapan Ujian Tertutup. terdaftar sebagai team reviewer research Synergy dg ID : Rev19101400001
Saat ini menjadi Dosen STIA Manajemen & Kepelabuhan Barunawati (Pelindo 3) Surabaya.

26. Sonny Eli Zaluchu, M.A, M.Th, D.Min, D.Th
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Jawa Tengah

Dosen pascasarana di STBI Semarang dan menjadi anggota Tim Penjamin Mutu Institusi. Lulus S2 M.A dan S3 D.Min dalam Kajian Kepemimpinan dan Social Transformation di STT Harvest Tangerang dan S2 M.Th dan S3 D.Th dalam kajian Biblika dari STBI Semarang. Minat kajian dan riset pada Fenomenologi Agama, Religion Society dan Budaya. Anggota Jarlitbang Pemprov Jawa Tengah. Ketua Asosiasi Jurnal Teologi Indonesia (AJTI). Pembicara dalam seminar nasional dan internasional.

27. Sri Astuty Ratnasari Manggu,SE.M.Ak
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Barat

Menyelesaikan S2 Magister Akuntansi program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 2011. Saat ini diamanahkan sebagai Dosen di prodi Akuntansi dan Koordinator Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat. Meneliti di bidang Akuntansi dan manajemen keuangan, pernah mendapatkan dana hibah Kemenristekdikti (PDP, Pengabdian kepada Masyarakat). Saat ini juga menjadi reviewer internal di jurnal JEPA Unsulbar.

28. Ahmad, S.Pd.I., M.Pd.I
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah

Menamatkan pendidikan S1 di Univ. Alkhairaat Palu. Tamat S2 di UIN Alauddin Makassar, sementara S3 di IAIN Palu. Aktif mengajar di Prodi PAI dan prodi lain. Melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan Agama Islam. Asesor BAN SM. Saat ini diamanahkan sebagai Ka.Prodi PAI FAI Univ. Alkhairaat Palu.

29. Sulfikar Sallu S.Kom., M.Kom., ITIL., MTA
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara

Bidang Keiluman IT Pendidikan Dosen dan ex Dekan Teknologi Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Saat ini diamanhakan menjadi Reviewer, Editor di Jurnal Nasional dan International.

30. Nani Harlinda Nurdin, M.Si
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan

Saat ini tengah menyelesaikan studi S3 Adm Publik di Universitas Hasanuddin dengan judul penelitian Democratic Givernance dlm perencanaan pembangunan daerah kabupaten Bone. Aktif meneliti dan menulis artikel dlm bidang adm publik. Saat ini editor pada Jurnal publik Univ Muhammadiyah Gorontalo, dan pengelola Jurnal Ilmiah Pranata Edu Fisip Universitas Indonesia Timur, Reviewer Jurnal Adm Negara Universitas Maritim Raja Ali (UMRA) Riau. Saat ini juga diamanahkan sebagai pengajar dan Dekan di Fisip Universitas Indonesia Timur.

31. Dr. Ibrahim, M.Sc
Koordinator ADPI Wilayah Nusa Tenggara Barat

 Dosen pada Universitas Muhammadiyah Mataram. Lulusan S1 Ilmu Administrasi Negara pada Universitas Nahdlatul Wathan Mataram NTB Tahun 2005. Pada Tahun 2006-2008 melanjutkan program Pascasarjana di Program Studi Ilmu Geografi Universitas Gadjah Mada serta pada Tahun 2012-2016 melanjutkan program Doktor pada program yang sama di Program Studi Ilmu Geografi Universitas Gadjah Mada

32. Charly Mutiara, S.P., M.Si
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur

Bidang keilmuan Ilmu Tanah. Saat ini diamanahkan menjadi Dosen dan Ka. LPPM di Universitas Flores

33. Rahmawati,SE., M.Akt.
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Kalimantan Timur

Menyelesaikan studi S1 Akuntansi dan S2 Magister Akuntansi di Universitas Budi Luhur Jakarta (2009). Saat ini diamanahkan sebagai Dosen Tetap di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi STIE Muhammadiyah, Berau. Dan  pernah menjadi reviewer jurnal lokal STIE Muhammadiyah, Berau  serta pernah menjadi narasumber dalam rapat kerja Bawaslu utk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR, dan DPRD 2019

34. Ariestha Widyastuty Bustan
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Maluku Utara

Menyelesaikan studi S2 pada program studi matematika KK Kombinatorika, Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2016. Sedang melanjutkan studi di program studi doktor (S3) matematika, FMIPA, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan beasiswa LPDP. Saat ini, berkarir sebagai dosen matematika dan tercatat sebagai dosen termuda di Universitas Pasifik Morotai Maluku Utara. Pernah menjabat sebagai Kepala Perpustakaan dan Sekretaris Dekan FMIPA Universitas Pasifik Morotai. Penerima dana hibah penelitian sekaligus hibah pengabdian Kemenristekdikti pada tahun 2018/2019.

35. Nelvitia Purba, SH., M.Hum
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Utara

Assoc.Prof Universita Muslim Nusantara Alwashliyah Medan. Saat ini diamanahkan menjadi Dosen dan Reviewer di Universita Muslim Nusantara Alwashliyah Medan

36. Refny Widialistuti, S.Si., M.Pd
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Barat

Lulusan S2 Universitas Negeri Padang dengan Keilmuan Pendidikan Matematika. Tertarik untuk melakukan research keilmuan Pendidikan Matematika. Saat ini juga merangkap sebagai Reviewer dan Editor Penerbit Yayasan Fatih. Refny juga tercatat sebagai dosen di Universitas Ekasakti – AAI Padang, Sumatera Barat.

37. Erliza S.P., MM
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi DKI Jakarta

Menyelesaikan kuliah S2 Universitas Andalas Fakultas Magister Manajemen 2007.
Tertarik untuk melakukan Research Dtrategik manajemen sumber daya manusia. Saat ini diamanahkan menjadi Dosen STIE Mulia Pratama Bekasi.

38. Fitriyah Nurhidayah, SE, M.Si
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Banten

Menyelesaikan studi S1 Fakultas Ekonomi dan S2 Magister Akuntansi di Universitas Trisakti. Saat ini sebagai Dosen Tetap di Prodi Akuntansi Fakultas Humaniora dan Bisnis, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Tangerang Selatan, Banten serta diamanahkan sebagai Koordinator Pengabdian Masyarakat (LP2M-UPJ). Memperoleh hibah Dosen Pemula Kemenristekdikti, selain itu juga sebagai Dosen Pendamping pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang memperoleh Hibah dari Simbelmawa Ristekdikti. Menjadi anggota Tim Pilot Project Perencanaan dan Pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) bersama Pemprov DKI Jakarta dan PT Pembangunan Jaya.

39. Eliyanti Agus Mokodompit, S.E, Si
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara

Menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen dan S2 Agribisnis di Universitas Hasanuddin serta sedang menyelesaikan pendidikan S3 Manajemen di Universitas Haluoleo. Aktif menjadi staf pengajar di FEB Universitas Haluoleo, Kendari juga aktif melakukan penelitian, pengabdian pada masyarakat utamanya di wilayah pesisir dan pulau pulau serta sebagai penulis di bidang manajemen strategi dan ekotourism di taman nasional laut wakatobi. Saat ini tergabung dalam organisasi Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

40. Dr. Syafrida Hafni Sahir, SE, M.Si
Humas ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Utara

Assoc. Professor, Peneliti dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area, dan Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara. Lulusan Doktor, Sosiologi Bandar di Post Graduate University of Malaya, 2010. Lingkup penelitian adalah Masyarakat menengah di perkotaan dalam perilaku sosial dan ekonomi. Saat ini aktif dalam organisasi Assosiasi Dosen Indonesia Wilayah Sumatra Utara (ADIWILSU), Forum Kerja Sama Perguruan Tinggi (FKPT). Sebagai Editor in Chief di JKBM terakreditasi SINTA 3. Telah memiiki serifikat CIRR (Certified International Research Reviewer) yang dikeluarkan oleh Quantum HRM International.

41. Dr (c) Supriyono, S.Pd.,M.Pd
Humas ADPI Wilayah Provinsi Bengkulu

Riwayat Pendidikan yang telah ditempuh S1 Pendidikan Geografi Universitas Prof DR Hazairin SH (Unihaz) Bengkulu tahun 2006-2010, kemudian melanjutkan Program Magister di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatra Barat tahun 2014-2015. Melanjutkan studi pada Program Doktoral Pendidikan Geografi di Universitas Negeri Mala

42. Lis Hafrida, S. Pd, M.Si
Humas ADPI Wilayah Provinsi Riau

Lulusan S2 tahun 2009 di Universitas Riau jurusan Ilmu Lingkungan. Saat ini saya sedang mengembangkan pengabdian dalam penanggulangan sampah di Kota Dumai bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai melalui pembuatan produk2 berbahan dasar dari sampah an-organik (sampah plastik).
Saat ini saya mengajar di STIE Tuah Negeri dan di amanahkan sebagai Ketua Penjaminan Mutu STIE-TN.

43. Imam Shofwan, S.Pd., M.Pd
Humas ADPI Wilayah Provinsi Jawa Tengah

Dosen Jurusan Pendidikan Nonformal, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Kajian Penelitian dan Pengabdian pada Strategi dan Manajemen Pembelajaran. Selain itu juga menjadi Editor in Chief Journal of Nonformal Education dan International Journal of The Social Sciences.

44. Fatma, S.Pd., M.Pd
Humas ADPI Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah

Saat ini terdaftar sebagai dosen tetap yayasan pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu (STIE Panca Bhakti Palu). Menyelesaikan Program doktor di Universitas Negeri Surakarta di bidang yang sama pada tahun 2018. Pernah mengikuti International Volunteer Program di Bidang exchange Culture and Language di Korea Selatan. Aktif selaku penulis dan peneliti di bidang Kebahasaan, Khususnya Sosiopragmatik, Psikolinguistik, dan Bahasa dalam Penggunaannya di Masyarakat dengan scope publikasi baik nasional maupun internasional.

45. Julian chandra, S. S., M. Pd.
Humas ADPI Wilayah Provinsi Sumatra Barat

Tamatan S1.Sastra dan Bahasa Inggris Universitas Andalas , S2 Pendidikan Bahasa Inggris UNP, sejak tamat S1 sdh berkecimpung dalam mengajar B Inggris di lembaga pendidikan professional dan sekolah formal, bidang keahlian linguistic study, grammar, translation dan language skills, sekarang ini adalah dosen pada prodi pendidikan bahasa Inggris dan menjabat kepala LP3M di STKIP YDB dan dosen luarbiasa pada Fakultas Ekonomi, UNITAS padang, Asesor BAN S/M provinsi Sumbar, beberapa penelitian di danai menristekdikti dan sudah di terbitkan pada prosiding internasional dan jurnal nasional.

46. Cintya Nurika Irma, M, Pd
Bendahara ADPI Wilayah Jawa Tengah

Menyelesaikan S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sebelas Maret (UNS). Saat ini sedang menempuh pendidikan S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia berstatus dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP di Universitas Peradaban. Aktivis KOPISISA (Kelompok Peminat Seni Sastra Purworejo) juga aktif dalam melakukan penelitian dan pengabdian.

47. Aditya Rahman KN,S.Si., M.Eng
Humas ADPI Wilayah Provinsi Banten

Menyelesaikan pendidikan S1 Biologi di Universitas Lampung dan S2 Teknik Lingkungan di Sangji University, South Korea. Penerima hibah penelitian Ristekdikti, MenLH, KLH dan Doam Project. Saat ini, diamanahkan menjadi Dosen Untirta Serang Banten, editor Jurnal Biodidaktika Pendidikan Biologi FKIP Untirta Banten dan Asesor Ban SM Provinsi Banten

48. An Nisaa Al Mu’min Liu,S.Pd., M.Pd
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur

Lulusan S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar. Menerima hibah penelitian kemenristekdikti. Saat ini diamanahkan menjadi dosen Pendidikan Fisika Universitas Flores

49. Dr. Joseph M J Renwarin
Humas ADI Wilayah DKI Jakarta

Menyelesaikan Program Doktor Strategi Manajemen Universitas Pancasila Jakarta. Menjadi Praktisi di Bank ternama dengan jabatan managerial mulai dr Branch Manager sampai Area Manager. Menjadi VP di Persh Project Management dan Direktur di persh Oil and Gas. Saat ini diamanahkan menjadi Vice President Industrial Alumni / Student Relationship dan dosen tetap Pasca Sarjanadi Kalbis Institute Jakarta. Reviewer Jurnal Manajemen (Sinta 2), Reviewer Konferensi Internasional milik ACM (terindeks Scopus). Wakil Direktur khusus Pendidikan Vox Point Indonesia. Dan Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi.

50. Rusnani,S.Si., M.Si
Bendahara ADPI Wilayah Provinsi Jambi.

 Menyelesaikan studi S1.pada Fakultas MIPA jurusan Biologi Universitas Sriwijaya dan S2 Agribisnis di Universitas Jambi.Saat ini diamahkan sebagai Wakil ketua II di STIP Graha Karya Muara Bulian Jambi.

51. Dr. Yunia Mulyani Azis, S.Pd., M.Pd
Koordinator ADPI Provinsi Jawa Barat

Menyelesaikan program Doktor Teknologi Pembelajaran di Universitas Negeri Malang (UNM). Menjadi dosen tetap dengan pangkat lektor kepala, reviewer jurnal penelitian JHSS Universitas Pakuan (Sinta 3) dan reviewer jurnal Dharma Bhakti.

52. Kadek Adyatna Wedananta, S.Pd., M.Pd
Kordinator ADPI Wilayah Provinsi Bali

Menyelesaikan pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Mahasaraswati Denpasar dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha. Saat ini, sedang menempuh S3 Pendidikan Bahasa Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha. Dosen yang bertugas di Universitas Pendidikan Nasional Denpasar Bali.

53. Efa Silfia, S.Pd., M.Pd
Humas Wilayah Provinsi Jambi

Menamatkan pendidikan S2 di Universitas Negeri Padang tahun 2014 pada Program Pendidikan Bahasa Inggris. Silfi merupakan salah satu staf pengajar di Universitas Batanghari Jambi. Penelitiannya pernah di presentasikan pada konferensi Nasional dan Internasional

54. Mohamad Sudi, SE, M.Si
Koordinator ADPI Wilayah Provinsi Papua

Menamatan Pendidikan Jenjang Strata satu (S1) pada jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas DR. Soetomo Surabaya lulus tahun 1999, melanjutkan jenjang strata dua (S2) tahun 2003 pada Perguruan Tinggi yang sama dengan mengambil bidang Ilmu komunikasi. Semenjak lulus S2 tahun 2005, mengawali karir pada tahun 2008
Untuk mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar (Dosen) di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Biak Papua yaitu di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak, pernah menjadi dosen luar biasa pada Program D3 Keperawatan di Biak. Selama berkarir menjadi dosen tetap di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak kurang lebih 11 tahun, pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi periode 2010 – 2014, kemudian tahun 2015 sampai sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Sementara saat ini sedang menempuh Pendidikan Formal jenjang S3 bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin makassar.

55. Hermi Pasmawati,M.Pd.,Kons.
Sekretaris ADPI Wilayah Provinsi Bengkulu

Dosen pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Lulusan S1 Bimbingan DNA Konseling pada Universitas Negeri Padang Tahun 2009. Pada Tahun 2011-2012, melanjutkan program Pascasarjana (S2)di Program Studi Ilmu Bimbingan Konseling di Universitas Negeri Padang, sekaligus mengambil program Profesi Konselor (Progesi pada bidang Konseling) pada program Profesi lulus tahun 2011, dan S2 tahun 2012.

56. Aulia Nursyifa, S.Pd., M.Pd
Sekertaris ADPI Wilayah Provinsi Banten.

Dosen pada Universitas Pamulang. Lulusan S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2013. Melanjutkan Program Pascasarjana S2 Pendidikan Sosiologi pada Universitas Pendidikan Indonesia Bandung tahun 2017.
Pada tahun 2017 mulai menekuni profesi sebagai Dosen di Universitas Pamulang. Pada tahun 2019 sampai sekarang menduduki jabatan di Perguruan Tinggi sebagai : Lembaga Penjaminan Mutu Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Pamulang. Sebagai Managing Editor jurnal pengabdian kepada masyarakat dengan nama Jurnal Loyalitas Sosial : Journal of Community Service in Humanities and Social Science diterbitkan Universitas Pamulang. Sebagai Editor Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Sinta 5) diterbitkan Universitas Pamulang . Menjadi Reviewer internal di Universitas Pamulang. Pernah menjadi reviewer Jurnal ASEAN Journal of Community Engagement (Sinta 2) diterbitkan Universitas Indonesia. Pada tahun 2019 sampai sekarang, Bergabung menjadi pengurus Asosiasi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (AJPKM) di Indonesia.

57. Dr. Sutarmin, S.Si., M.M.
Sekretaris ADPI Wilayah Provinsi Jawa Tengah

Menamatan Pendidikan Jenjang Strata satu (S1) pada jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas DR. Soetomo Surabaya lulus tahun 1999, melanjutkan jenjang strata dua (S2) tahun 2003 pada Perguruan Tinggi yang sama dengan mengambil bidang Ilmu komunikasi. Semenjak lulus S2 tahun 2005, mengawali karir pada tahun 2008
Untuk mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar (Dosen) di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Biak Papua yaitu di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak, pernah menjadi dosen luar biasa pada Program D3 Keperawatan di Biak. Selama berkarir menjadi dosen tetap di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak kurang lebih 11 tahun, pernah menduduki jabatan sebagai Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi periode 2010 – 2014, kemudian tahun 2015 sampai sekarang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Sementara saat ini sedang menempuh Pendidikan Formal jenjang S3 bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin makassar.

58. dr. Rinita Amelia M.Biomed
Sekretaris ADPI Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Dosen pada Universitas Baiturrahmah Padang. Lulusan S1 Kedokteran Universitas Andalas Padang tahun 1995. Melanjutkan Program Pasca Sarjana S2 Bidang Biomedik tahun 2011. Saat ini sedang melanjutkan Pendidikan Doctoral (S3) bidang Health Science di Lincoln University College Malaysia. Sejak tahun 2004 sudah menjadi dosen tetap di Departemen Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Sejak tahun 2015 menduduki jabatan Kepala Departemen Histologi dan pada tahun 2017 mendapat amanah menjadi Kepala Program Studi Kedokteran di Fakultas Kedokteran Unbrah. Fokus penelitian pada bidang Ilmu Biomedik dan pada 25 September 2019 mengikuti presentasi oral pada acara 3 rd International Confrence of Heath Care and Allied Sciences (ICHAS 2019) di Syah Alam Malaysia

5. Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum
Ketua ADPI

Guru Besar dan Professor termuda Universitas Negeri Padang tahun 2003, dilahirkan di Pekalongan, 21 Maret 1961. Lulusan Magister (S2) Universitas Indonesia tahun 1993, dan Doktor (S3) University of Tasmania, Australia 1998. Beliau merupakan Dr Termuda saat itu di Universitas Negeri Padang. Kajian Penelitian beliau banyak pada bidang Linguistik dan Pendidikan Bahasa, khususnya Bahasa Inggris. Beliau pernah diamanahkan sebagai kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang tahun 2004-2007, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat tahun 2007-2011, dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang 2011-2015 dan 2015-2019. Saat ini beliau bertugas sebagai Ka. Prodi Program Doktor (S3) IKB Universitas Negeri Padang. Selain itu beliau aktif Menulis Buku Ilmiah dan Merumuskan kebijakan Publik di Sumatra Barat. Serta menjadi Keynote Speaker pada Nasional dan International Conference. Beliau juga Penerima Dana Penelitian Hibah Bersaing Kemenristekdikti sejak tahun 2008 hingga saat ini.

7. Yosa Novia Dewi, S.Pd, M.Pd.
Wakil Ketua 2 ADPI

menamatkan pendidikan S2 di Universitas Negeri Padang tahun 2012. Saat ini terdaftar sebagai Mahasiswa Program Doktor (S3) by Research di Universitas Negeri Padang. Yosa merupakan salah satu staf pengajar (dosen) di Universitas Putra Indonesia Yptk Padang dan Asesor BAN S/M Sumatra Barat. Pada tahun 2016 menjadi satu-satunya dosen dari Indonesia yg berhasil terpilih untuk memandu konferensi Internasional di Singapura. Yosa juga merupakan salah satu finalis dalam lomba penelitian yang diadakan oleh Kementerian Keuangan Indonesia dan World Bank. Sejak tahun 2017 terpilih penerima Dana Penelitian Hibah Bersaing KemenristekDikti. Saat ini di amanahkan menjadi Wakil Sekretaris Himani IKB UNP periode 2019-2023.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 menjelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi disamping terkait dengan Standar Nasional Pendidikan dan Standar Nasional Penelitian, juga mensyaratkan adanya Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Dimana Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada Perguruan Tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Guna berpartisipasi dalam mewujudkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta mengorganisir seluruh dosen dalam kegiatan pengabdian yang dapat memberikan dampak yang besar dan luas, Maka dibentuk sebuah perkumpulan dibawah Naungan Yayasan Fatih Al Khairiyyah, yang kemudian diberi nama Asosiasi Dosen “Pengabdian kepada Masyarakat” Indonesia, disingkat ADPI.

ADPI adalah wadah pemersatu kegiatan para dosen dalam pengabdian kepada masyarakat secara mandiri. Organisasi ini merupakan organisasi profesi bagi seluruh warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai dosen di seluruh Perguruan Tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Asosiasi Dosen “PkM” Indonesia (ADPI) ini berdiri pada hari Jum’at, 27 Oktober 2017 di Sumatra Barat bersamaan dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyakat “National Seminar on English and Halal Tourism in West Sumatra” yang diselenggarakan di Mapolres Padang Pariaman. Dan tekad pendirian asosiasi ini dibulatkan pada acara “Temu Ramah dan Konsolidasi ADPI” di UPI Exhibition Hall Kota Padang pada Selasa, 17 September 2019.

Yayasan Fatih Al Khairiyyah sendiri adalah yayasan yang memiliki badan hukum No. AHU-0004391.AH.01.04. tahun 2019. Yayasan ini adalah lembaga profesional yang memiliki visi menjadi yang terdepan dalam pemberdayaan masyarakat dunia.

27Oktober2017

Pendirian ADPI

Hari Jum’at, 27 Oktober 2017 di Mapolres Padang Pariaman ADPI berdiri  di Sumatra Barat

17September2019

Penguatan Dan Konsolidasi ADPI

Penguatan Organisasi ADPI di UPI Exhibition Hall Kota Padang pada Selasa, 17 September 2019. dalam acara “Temu Ramah dan Konsolidasi ADPI”

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 menjelaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi disamping terkait dengan Standar Nasional Pendidikan dan Standar Nasional Penelitian, juga mensyaratkan adanya Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Dimana Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat adalah kriteria minimal tentang sistem pengabdian kepada masyarakat pada Perguruan Tinggi yang berlaku di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Guna berpartisipasi dalam mewujudkan program pengabdian maka berdirilah Asosiasi Dosen “Pengabdian kepada Masyarakat” Indonesia, disingkat ADPI.

ADPI adalah wadah pemersatu kegiatan para dosen dalam pengabdian kepada masyarakat secara mandiri. Organisasi ini merupakan organisasi profesi bagi seluruh warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai dosen di seluruh Perguruan Tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Pendidikan
0
Penelitian
0
Sosial
0
Pemberdayaan
0
testimonials

ADPI Menurut Mereka

    Guna berpartisipasi dalam mewujudkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta mengorganisir seluruh dosen dalam kegiatan pengabdian yang dapat memberikan dampak yang besar dan luas maka dibentuklah Asosiasi Dosen PkM Indonesia yang disingkat ADPI dibawah Naungan Yayasan Fatih Al Khairiyyah Badan Hukum No. AHU-0004391.AH.01.04. tahun 2019.

    Setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh ADPI, seperti training, seminar, konferensi, penggalangan dana sosial, atau kegiatan lainnya, baik yang berupa registrasi maupun pengajuan kerjasama sponsorship, selalu menggunakan rekening resmi lembaga berikut ini:

    Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    Nomor rekening:
    549201018432532
    a.n. Yayasan Fatih Al Khairiyyah

    ADPI tidak pernah menggunakan nomor rekening pribadi atau perorangan untuk transaksi keuangan seluruh kegiatan yang dilakukan, baik di tingkat pusat maupun wilayah.

    ADDRESS

    Jl. Komp. Unand, Padang Besi, Kec Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumatera Barat.

    PHONE

    +6282386622140

    EMAIL

    info@adpi-indonesia.id