Pendampingan Praktik Mandiri Bidan Dengan Digital Marketing di Zaman Now

Authors

  • Yully Asmariana Akademi Kebidanan Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v2i2.50

Keywords:

Pendampingan, PMB, Digital Marketing

Abstract

Tingkah laku manusia berubah gara-gara zaman yang semakin berkembang. Hidup ini sekarang dinamis, dalam semenit saja perubahan terjadi di dunia. Percaya atau tidak, perubahan juga terjadi pada bisnis. Permintaan pasar semakin beragam, bergerak tanpa permisi. Jangan sampai ketinggalan, perubahan memerlukan adaptasi yang cepat dan penuh pertimbangan. Di benua Asia, Indonesia menempati urutan ke-4 pengguna internet terbanyak setelah china, India, dan Jepang. Dari 262 juta populasi manusia di Indonesia, ada 132 juta orang yang sudah menggunakan internet, dan 107 juta diantaranya aktif di sosial media. Artinya potensi pasar internet di Indonesia sangat besar. Sayangnya, banyak orang yang belum memaksimal-kannya. Praktik Mandiri Bidan (PMB) merupakan bisnis yang bergerak dalam produk jasa pelayanan kepada masyarakat khusunya pada ibu dan anak harus diimbangi dengan kemajuan teknologi pada bidang digital marketing. Jasa yang disiapkan Bidan, harus sepenuhnya melek dengan internet. Untuk hitungan bisnis, masih banyak orang yang belum terbiasa. Jadi mulai sekarang, percayalah alur traffic (kunjungan) itu merupakan salah satu modal besar untuk bisnis. Langkah selanjutnya dengan mengobservasi sebanyak-banyaknya pembeli. Tujuan paper ini diharapkan owner dari BPM memiliki strategi promosi dalam peningkatan omzet penjualan sesuai dengan perubahan zaman melalui adanya akun penunjang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu penyuluhan, diskusi dan praktik pada akun PMB. Jika perkembangan zaman tidak diiukuti secara positif, maka akan berdampak pada ketertinggalan dalam proses perkembangannya melalui promosi usaha di zaman now.

Downloads

Published

2021-08-01