Tindak Tutur dalam Aktivitas Promosi Objek Wisata Sumatera Barat pada Akun Instagram @Tripsumbar dalam Menarik Minat Berkunjung

Authors

  • Annisha Dyuli Adha Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Asma Alhusna Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.47841/snamun.v1i1.14

Keywords:

Tindak Tutur, Promosi, Objek Wisata, Instagram

Abstract

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mempromosikan objek wisata dan keunikan-keunikan pada suatu daerah kepada masyarakat banyak. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan media sosial Instagram. Tidak hanya menggunakan foto atau gambar-gambar menarik yang bisa menarik perhatian masyarakat, tetapi juga diiringi dengan unsur kebahasaan yang bersifat persuasif sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Unsur kebahasaan yang dimaksud dalam hal ini adalah tindak tutur yang terdapat pada akun instagram @tripsumbar dalam mempromosikan objek wisata, khususnya di wilayah Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk tindak tutur yang terdapat pada akun instagram @tripsumbar dalam mempromosikan objek wisata Sumatera Barat, (2) menjelaskan fungsi tindak tutur tersebut serta makna yang tersirat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tuturan yang terdapat dalam promosi objek wisata Sumatera Barat pada akun instagram @tripsumbar yang difokuskan berdasarkan teori tindak tutur oleh Searle. Hasil dari penelitian ini adalah berupa tindak tutur asertif sebanyak 20 data, tindak tutur direktif sebanyak 4 data, tindak tutur komisif sebanyak 9 data, tindak tutur ekspresif sebanyak 21 data, dan tindak tutur deklarasi sebanyak 4 data. Berdasarkan temuan tersebut, bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan bentuk tuturan yang bagus dan menarik dalam mempromosikan objek wisata Sumatera Barat, akan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Downloads

Published

2022-01-18