Pelatihan Pengelolaan Taman Posyandu dan Manajemen Komunikasi Bagi Kader Posyandu
DOI:
https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v4i2.107Keywords:
Pengelolaan, Taman Posyandu, Komunikasi, KaderAbstract
Taman Posyandu merupakan pengembangan layanan Posyandu yang telah terintegrasi dengan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Pelaksanaan taman posyandu pada beberapa daerah belum efektif dilaksanakan, terutama kegiatan Bina Keluarga Balita yang kurang optimal. Peran kader posyandu sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan dan pengelolaan taman posyandu. Kemampuan komunikasi yang baik perlu dikuasai kader posyandu dalam penyampaian informasi dan promosi kesehatan. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan kader dalam pengelolaan taman posyandu adalah melalui pelatihan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam pengelolaan dan manajemen komunikasi taman posyandu. Metode yang dilakukan adalah dengan pelatihan dan pendampingan, yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tambakrigadung Kecamatan Tikung dengan sasaran kader posyandu sebanyak 18 orang. Materi yang diberikan pada pengelolaan taman posyandu dan manajemen komunikasi merujuk pada fungsi manajemen yang terdiri atas Planning, Organizing, Actuating dan Controlling. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan tehnik ceramah, demonstrasi, simulasi dan diskusi dengan peserta. Demonstrasi dan simulasi dilakukan agar materi yang diberikan lebih mudah diingat karena peserta melakukan praktik uji coba. Tahap evaluasi dilakukan selama proses dan setelah kegiatan, serta evaluasi faktor pendukung dan penghambat. Pada akhir kegiatan pelatihan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dapat berjalan dengan sukses, adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu, serta terbentuk kesepakatan dan kesiapan peserta dalam melaksanakan taman posyandu secara rutin.