Improving the Performance of Elementary School through Teacher and Headmaster Training Program

Perlu ada upaya komprehensif untuk memperbaiki kualitas pendidikan kita. Perbaikan ini bisa dimulai dari satuan pendidikan yang paling bawah, yakni institusi sekolah. Sekolah-sekolah Indonesia perlu ditingkatkan kapasitasnya agar mampu berhadapan dengan tantangan di masa depan yang akan jauh lebih kompetitif. Perbaikan kualitas ini dapat dimulai dengan memperbaiki kualitas guru dan metode pembelajaran.

Metode pembelajaran yang  sudah di terapkan oleh guru di SDS Al Falah, Kota Medan masih belum  bervariasi, sehingga diperlukan pembekalan kepada guru-guru tersebut dalam bentuk kegiatan  workshop. Dengan latar belakang tersebut, Dosen-dosen dari Asosiasi Dosen PkM Indoensia akan mengadakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu TRI Dharma Perguruan Tinggi yang wajib di lakukan oleh dosen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan di lakukan pada SDS Al Falah dengan tema Peningkatan Performa Sekolah Dasar Melalui Program Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Yayasan Perguruan Al Falah Kota Medan. Tujuan dari workshop ini adalah  untuk membantu para guru dalam hal Pengembangan Kompetensi Profesional Guru seperti pembaharuan metode pembelajaran di kelas, Penggunaan media pembelajaran dll. Melalui peningkatan kapasitas guru melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan performas sekolah tersebut.

Dalam workshop ini, para guru akan diberikan materi mulai dari pengertian professional guru, bagaimana menemukan metode pengajaran relevan, kemudian  membuat rancangan penggunaan median teknologi dalam penyampain materi pembelajaran. Workshop ini diselenggaran selama 2 (dua) hari dan ditujukan bagi para guru. Dalam workshop ini para peserta tidak dipungut biaya sama sekali.

 

 

Waktu dan Tempat
Medan, Juni – Oktober 2019

    Guna berpartisipasi dalam mewujudkan program pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas, serta mengorganisir seluruh dosen dalam kegiatan pengabdian yang dapat memberikan dampak yang besar dan luas maka dibentuklah Asosiasi Dosen PkM Indonesia yang disingkat ADPI dibawah Naungan Yayasan Fatih Al Khairiyyah Badan Hukum No. AHU-0004391.AH.01.04. tahun 2019.

    Setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh ADPI, seperti training, seminar, konferensi, penggalangan dana sosial, atau kegiatan lainnya, baik yang berupa registrasi maupun pengajuan kerjasama sponsorship, selalu menggunakan rekening resmi lembaga berikut ini:

    Bank Rakyat Indonesia (BRI)
    Nomor rekening:
    549201018432532
    a.n. Yayasan Fatih Al Khairiyyah

    ADPI tidak pernah menggunakan nomor rekening pribadi atau perorangan untuk transaksi keuangan seluruh kegiatan yang dilakukan, baik di tingkat pusat maupun wilayah.

    ADDRESS

    Jl. Komp. Unand, Padang Besi, Kec Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumatera Barat.

    PHONE

    +6282386622140

    EMAIL

    info@adpi-indonesia.id